Cara membuat Sertifikat menggunakan Microsoft Word dengan fitur mail merge mudah

Assalamualaikum

hello guys balik lagi sama saya
selamat datang di postingan keempat saya, sekarang saya mau bahas gimana sih caranya buat sertifikat dengan nama penerima yang banyak di microsoft word

oke langsung aja
disini saya menggunakan microsoft word 2007


         
1.      Yang pertama harus kalian siapkan adalah master/format dari sertifikatnya. Nah agar lebih mudah disini saya menggunakan template yang telah di sediakan oleh microsoft, untuk link templatenya bisa kalian download disini


2.      Kedua sediakan database yang memuat data-data yang akan dibutuhkan atau akan di input kedalam sertifikat (buat menggunakan microsoft excel)



  1. Ketiga  klik menu Mailings --> select recepient --> use existing list


  1. Cari folder tempat kamu simpan database tadi, kalo udah ketemu klik open


  1. Nah nanti bakalan muncul kotak dialog seperti ini, klik dua kali pada tulisan sheet1$


  1. Letakkan kursor pada nama penerima/tanggal, NIM atau dimana saja kamu mau input data pertama kali lalu klik Insert Merge Field. Misal kamu mau input nama pertama kali maka letakkan kursor pada kolom nama di masternya


  1. Selanjutnya tinggal menyesuaikan saja, setelah semuanya selesai maka akan tampak seperti ini


  1. Untuk melihat hasilnya klik Preview Results, untuk melihat daftar data selanjutnya tinggal klik ikon next pada kanan atas


 gimana? gampang kan. oke cukup sekian postingan kali ini
mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan
apabila ada yang ingin ditanyakan tulis aja di kolom komentar
jangan lupa share jika kamu suka sama postingan ini

pamit duluu. yok







0 komentar:

Posting Komentar